Sabtu, 13 Januari 2018

Dengarkanlah Firman Allah



 (Yer. 22:29)
Saat ini, ada banyak suara yang masuk ke telinga orang percaya. Ada suara-suara dari pemerintah, pendidikan, televisi, radio, tetangga, dll. Namun Allah juga menghendaki orang percaya untuk mendengar. Allah telah berbicara kepada manusia. Perintah Tuhan adalah supaya manusia mendengarkan Firman-Nya dan ini tanpa alasan bagi manusia untuk menentangnya.

Saudara, apa yang kita dengan saat kita mendengar Firman Allah? Dengarkanlah firman tentang penghukuman bagi orang-orang berdosa (Rm. 5:12). Kita semua telah berdosa sehingga kita berada dalam penghukuman bila kita tetap berada dalam dosa (Rm. 3:23). Kita harus mendengarkan firman Allah tentang undanganNya kepada kita (Yes. 55:1-3; Mat. 11:28-30). Kita juga harus mendengarkan firmanNya tentang keselamatan oleh iman melalui Tuhan Yesus Kristus (Yoh. 1:12; 5:24; 10:27-29).
Saudara, ingatlah bahwa ada penghalang dalam mendengar Firman Allah. Dosa akan menyebabkan manusia tidak mau mendengar Firman Allah (Mat. 13:22; Yoh. 3:19-20). Pekerjaan Iblis adalah mencuri Firman Allah yang ditaburkan (Mat. 13:19). Iblis berusaha tetap membuat manusia buta terhadap Injil (2Kor. 4:4). Keyakinan bahwa manusia masih memiliki waktu untuk selamat akan menghalangi banyak orang dari mendengarkan Firman Allah. Contoh: Feliks (Kis. 24:24, 26).
Namun, ingatlah bahwa akibat menolak mendengar Firman Allah. Oleh karena kamu menolak ketika aku memanggil, dan tidak ada orang yang menghiraukan ketika aku mengulurkan tanganku, bahkan, kamu mengabaikan nasihatku, dan tidak mau menerima teguranku, maka aku juga akan menertawakan celakamu; aku akan berolok-olok, apabila kedahsyatan datang ke atasmu, apabila kedahsyatan datang ke atasmu seperti badai, dan celaka melanda kamu seperti angin puyuh, apabila kesukaran dan kecemasan datang menimpa kamu. Pada waktu itu mereka akan berseru kepadaku, tetapi tidak akan kujawab, mereka akan bertekun mencari aku, tetapi tidak akan menemukan aku” (Ams. 1:24-28). Pertama, Allah akan menertawakan dan mengolok-olok (Ams. 1:26-27; Why. 6:14-17). Kedua, Allah akan menolak menjawab permohonan orang berdosa (Ams. 1:28). Ketiga, orang yang menolak mendengar Firman Allah akan menuai apa yang dia tabur (Ams. 1:30-31; band. Gal. 6;7-8).

Dan Saudara, hasil orang yang mendengar, percaya dan melakukan Firman Allah adalah hidup yang kekal (band. Rm. 8:35-39) dan tidak turut dihukum (Band. Rm. 8:1). “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup” (Yoh. 5:24).

Jadi, ingatlah senantiasa untuk selalu menjadi pendengar dan pelaku Firman tuhan (Yak. 1:22). Menerapkan Firman Allah ini menjadi kunci keberhasilan dalam segala bidang kehidupan (Mzm. 1:1-6; band. Yos. 1:9). Ingat, jiwa manusia tidak akan tersesat bila Alkitab adalah penuntunnya (Mzm. 119:105).***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERANIKAH AKU?????????

BERANIKAH AKU JIKA... 1. JIKA AKU ADALAH MUSA Beranikah aku yang sudah mati-matian memimpin bangsa Israel masuk ke negeri yang limpah den...