Rabu, 18 Mei 2016

PENCURIAN IDENTITAS



 Matius 5:20-48
Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna" (Mat. 5:48).

Di dunia perbankan, kita kerap menemui masalah pencurian identitas. Biasanya, seseorang menggunakan nama dan informasi pribadi korban utuk transaksi yang tidak sah. Tentunya pencurian identitas ini merugikan korban, bukan hanya materi melainkan juga waktu untuk mengurus segala kerugian dan tentunya memulihkan nama baik.

Namun, bagaimana dengan identitas Anda pribadi—bukan hanya yang Anda miliki, melainkan siapa Anda sesungguhnya. Itulah identitas yang paling penting. Identitas itu tidak terletak dalam isi dompet Anda atau keluarga kita atau cara berbicara kita. Identitas itu juga tidak bergantung pada prestasi atau penghargaan atau gelar atau jabatan. Semua identitas di atas bisa dicuri orang! Namun, jika identitas kita ada di dalam Tuhan, tidak ada orang yang bisa mencurinya.

Bagaimana pun keberhasilan Anda—entah diukur melalui kesuksesan anak-anak Anda, atau karier Anda, atau uang dan perhiasan Anda—semuanya itu ada atas anugerah Allah. Dialah yang memberikan talenta, kepandaian, kesehatan, dan kesempatan kepada Anda untuk menjadi sebagaimana Anda sekarang.

Kata “sempurna” dalam nas di atas berarti “lengkap”. Itulah identitas kita yang seharusnya kita kejar karena itulah identitas yang tidak pernah hilang. Sayangnya, kita masih suka mengejar identitas lahiriah kita dengan harapan bahwa orang akan kagum dan menghargai kita. Padahal itu hanyalah sementara dan fana. Kita sering lupa bahwa kita dituntut “harus” sempurna, bukan seperti orang yang mapan dalam segala hal, melainkan sempurna dalam hal-hal rohani. Itulah identitas sejati kita. Jadilah seperti apa Anda seharusnya dalam kehendak Allah bagi kemuliaan-Nya.

Renungan
  1. Identitas apakah yang selama ini kita sedang bangun lewat keseharian kita?
  2. Apakah yang perlu saya lakukan untuk membangun identitas saya di dalam Kristus?
Belajarlah untuk lebih banyak lagi melakukan hal-hal yang akan membangun identitas sejati Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERANIKAH AKU?????????

BERANIKAH AKU JIKA... 1. JIKA AKU ADALAH MUSA Beranikah aku yang sudah mati-matian memimpin bangsa Israel masuk ke negeri yang limpah den...