Kamis, 19 Mei 2016

Iman yang Kuat



Yer. 17:7-8
Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah” (Yer. 17:7, 8)


Pohon terbesar di dunia ada di Giant Forest, Amerika. Pohon itu adalah pohon pohon Sequoia Raksasa yang diberi nama General Sherman. Pohon yang diperkirakan berusia 2.200 tahun ini memiliki volume badan 1487 m³ dan tingi 83,8 meter di tahun 2002. Dahan-dahannya rimbun dan hijau, memberikan keteduhan dan keindahan yang luar biasa. Pohon itu berbentuk bulat lurus dan tinggi batangnya. Selama bertahun-tahun pohon ini menerima terpaan angin kencang, hujan lebat, salju, dan cuaca panas maupun dingin. Tampaknya akar-akar pohon ini mendapatkan cukup dalam tertanam dan sangat kuat.

Pohon raksasa ini menggambarkan sebuah persamaan dalam kehidupan Kristen kita. Kita semua akhirnya akan menghadapi penyakit, kematian orang-orang yang terkasih dan pemutusan hubungan maupun pencobaan-pencobaan lainnya. Seteguh apakah kita berdiri bila berhadapan dengan kemalangan? Apakah kita cukup dewasa di dalam iman dan berakar cukup dalam di dalam Firman Allah sehingga mampu menghadapi semua badai, perubahan, dan cuaca dingin dalam kehidupan ini? Yeremia meyakinkan kita bahwa Allah mampu memelihara kita, apa pun yang sedang kita hadapi, asal kita percaya dan mengandalkan-Nya.

Yang perlu kita perhatikan adalah bahwa berkat orang yang mengandalkan Tuhan dan percaya kepada-Nya itu bukan semata-mata hal-hal jasmani atau pun materi. Tuhan lebih peduli akan iman kita, kerohanian kita. Dia lebih rindu kita menghasilkan buah rohani secara terus-menerus yang akan memuliakan-Nya.

Karena itu, apa pun yang saat ini sedang Anda hadapi, percayalah pada Tuhan dan tetap andalkan Dia. Tidak ada masalah apa pun yang tidak bisa dihadapi orang percaya. Fokuslah pada pertumbuhan rohani kita sehingga kita kuat menghadapi apa pun.

Renungan
Jika diumpamakan pohon, pohon seperti apakah Anda? Apakah saat ini Anda cukup kuat menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan? Bagaimana jika Anda sudah cukup kuat dan bagaimana jika belum cukup kuat?
 
Lakukanlah hari ini satu praktik rohani yang akan membuat Anda kuat secara rohani. Lakukanlah secara terus-menerus hari demi hari. Lihatlah hasilnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERANIKAH AKU?????????

BERANIKAH AKU JIKA... 1. JIKA AKU ADALAH MUSA Beranikah aku yang sudah mati-matian memimpin bangsa Israel masuk ke negeri yang limpah den...